Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911. YOGYAKARTA - WWF menganugerahkan "Leaders for a Living Planet Award" kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti atas kontribusi signifikan terhadap pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan.

"Ibu Susi Pudjiastuti telah mendedikasikan waktunya selama ini untuk memberantas praktik perikanan yang tidak sah, mendorong pengelolaan perikanan berkelanjutan berbasis ilmiah, dan memperkuat kesehatan laut dengan memperluas jejaring kawasan konservasi perairan. Beliau adalah tokoh yang berjuang untuk melindungi kesehatan laut Indonesia," kata Direktur Program Coral Triangle dari WWF-Indonesia Wawan Ridwan seperti dikutip Antara, di Yogyakarta, Sabtu (17/9).

Wawan mengatakan, selama karirnya,  Susi telah menerbitkan kebijakan-kebijakan untuk melindungi kesehatan laut. Termasuk, meratifikasi Port State Measures Agreement, memperkenalkan ukuran tangkap minimum untuk beberapa biota, melarang penggunaan alat tangkap perikanan yang merusak lingkungan, menetapkan kawasan konservasi perairan, dan mendorong perlindungan spesies laut.

Indonesia, kata Wawan, dengan potensi sektor perikanan yang berlimpah, saat ini menjadi negara penghasil perikanan tangkap dan budidaya terbesar kedua di dunia (FAO, 2016). Namun, kerugian negara akibat praktik pencurian ikan ilegal mencapai 20 miliar dolar AS per tahun (World Bank, 2015).

"Ibu Susi Pudjiastuti telah menunjukkan ketegasan dan konsistensi dalam memberantas praktik perikanan yang tidak sah, tidak dilaporkan dan tidak diatur (Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing/IUU Fishing) untuk menjaga sumber daya laut di Indonesia," ujar dia.

Sebagai negara maritim, aset sektor kelautan Indonesia harus dilindungi dan dikelola secara efektif demi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian planet bumi. Karenanya, WWF berharap, Susi melanjutkan terobosan untuk memperbaiki pengelolaan perikanan yang berkelanjutan dengan memperluas kawasan konservasi perairan yang berkontribusi pada pemenuhan komitmen Indonesia terhadap Target Aichi.

Sejak 2000, menurut dia, sudah lebih dari 100 individu telah menerima WWF Leaders for a Living Planet Award atas beragam inisiatif yang mereka lakukan. Termasuk, di dalamnya gerakan lokal untuk melindungi satwa, hingga memimpin berbagai upaya pemerintah untuk mencapai tujuan-tujuan konservasi.

Sejumlah tokoh dunia yang telah menerima penghargaan ini di antaranya mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan, Menteri Perikanan Norwegia, Perdana Menteri China, dan Menteri Bidang Pengairan Perancis, Togo, dan Benin. Penghargaan untuk Susi, kata Wawan, diserahkan Jumat (16/9), di Washington DC oleh Presiden WWF Internasional Yolanda Kakabadse, bersamaan dengan berlangsungnya Our Ocean Conference yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.
(na/rol)


Top