Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.RIYADH -- Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengerahkan 177 armada ambulans selama musim haji 2016. Setidaknya lima kota jadi tujuan utama pengerahan seperti Makkah, Madinah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

"Armada termasuk 120 mini ambulans dan 57 kendaraan besar, yang akan digunakan untuk mengangkut jamaah sakit dari klinik medis ke rumah sakit," demikian pernyataan salah seorang pejabat Kementerian Kesehatan Arab Saudi, seperti dilansir Arab News, Kamis (8/9).

Penggunaan mini ambulans sendiri dimaksudkan agar petugas dapat melalui jalan-jalan kecil saat membawa orang sakit, termasuk untuk melewati kerumunan jamaah haji. Selain itu, Bulan Sabit Merah Arab Saudi turut menyediakan ambulans pesawat, yang akan dikerahkan untuk mengangkut pasien dengan situasi darurat.

Untuk memberikan pelayanan yang komprehensif, petugas berponsel akan bergerak bersama jamaah haji dan mengikuti pergerakan selama fase akhir haji dari Arafah ke Muzdalifah. Pengawasan itu akan terus dilakukan petugas kesehatan, termasuk saat jamaah haji sudah berada di Mina dan akan banyak melakukan ritual haji di sana.

Seluruh armada ambulans dilengkapi semua fasilitas modern, untuk membawa pasien ICU agar dapat dilakukan pertolongan selama perjalanan ke rumah sakit. Bahkan, petugas medis dan paramedis yang akan di ambulans sudah terlatih dan kompeten, untuk menangani semua jenis pasien yang ada dala situasi darurat.

Bersama Pertahanan Sipil, Kementerian Kesehatan Arab saudi juga telah menyusun rencana darurat untuk evakuasi, kecelakan dan penanggulangan bencana. Tempat pendaratan helikopter (heliped) telah diatur di lima rumah sakit, untuk menerima pasien yang membutuhkan perawatan darurat selama musim haji.

Lima rumah sakit yang memiliki landasan helikopter di antaranya King Abdullah Medical City, Al Noor General Hospital, Mina Al Tawaari Hospital di Mina, Arafat General Hospital dan Hira Hospital. Selain itu, armada ambulans yang digunakan petugas media telah menjalani tes perawatan, demi memastikan kondisi kendaraan tetap baik selama beroperasi.
(bt/rol)


Top