Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi, telah mendampingi Presiden RI, Joko Widodo saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko di Istana Merdeka.

Dalam pertemuan bilateral itu, tidak hanya dibahas soal bantuan pesawat pemadam kebakaran hutan dan beberapa kerjasama lainnya, tapi juga soal dukungan Ukraina bagi Indonesia yang ingin masuk jadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB).

Bukan untuk tahun ini atau tahun depan, melainkan untuk periode 2019 dan 2020. Saat ini, sudah ada dua negara Asia, satu negara Eropa dan satu negara Amerika Latin dan Karibia yang sudah “melamar”.
Sementara itu Indonesia berniat bersaing dengan lima negara (India, Vietnam, Estonia, St. Vincent and Grenadines) tersebut, untuk masuk sebagai anggota tidak tetap DK PBB atau UN Security Council tiga tahun mendatang.

"Ukraina sudah menyampaikan dukungannya bagi candidacy (pencalonan) Indonesia dalam UN Security Council untuk 2019-2020," tutur Menlu Retno.

Di sisi lain dalam lanjutan tiga hari kunjungannya di tanah air, Presiden Poroshenko beserta delegasi hari ini diagendakan berkunjung ke Yogyakarta dan ke Bali keesokan harinya.(ys/rol)


Top