Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Padang -- Ribuan nelayan di Sumatera Barat (Sumbar) segera memiliki asuransi. Hal ini di katakan oleh Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan Sumbar Yosmeri.

Iamengatakan jumlah nelayan yang diajukan memiliki asuransi 14.874 dari kuota 21.500.

"Syaratnya harus memiliki kartu nelayan," ujarnya. Yosmeri mengatakan jumlah yang diusulkan ini belum separuh dari total jumlah nelayan sebanyak 41.425.

Kendalanya, sebutnya, belum semua nelayan yang memiliki kartu nelayan. Yang diusulkan mendapatkan asuransi dari pemerintah adalah yang telah megantongi kartu tersebut.

Skema asuransi untuk nelayan ini terbagi dua yakni asuransi untuk aktivitas di laut dan aktivitas yang tidak berhubungan dengan aktivitas melaut. Bagi nelayan yang sedang melakukan aktivitas di laut atau sedang menjalankan profesinya, uang santunan sebesar Rp200 juta akan diberikan kepada pihak keluarga apabila terjadi kematian.

Sedangkan apabila kecelakaan saat melaut dan cacat tetap pada tubuh maka akan diberikan santunan sebesar Rp 100 juta. Biaya pengobatan sendiri disiapkan sebesar Rp20 juta. Semua besaran tersebut untuk seorang nelayan.

Apabila kecelakaan terjadi di saat nelayan tidak sedang menjalankan profesinya sebagai nelayan, maka santunan akan diberikan sebesar Rp160 juta jika mengalami kematian dan Rp 100 juta untuk cacat permanen. Sedangkan biaya pengobatan disiapkan sebesar Rp20 juta.(ys/klikp)


Top