Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911. YOGYAKARTA -- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad mengajak peran serta media dalam pelaksanan Pilkada 2017 mendatang. Hal ini lantaran media memiliki pengaruh untuk menentukan sukses atau tidaknya penyelenggaraan Pilkada. Kata Muhammad dalam sambutannya di Media Gathering Bawaslu bertajuk 'Peran Media Massa dalam Pengawasan Partisipatif Guna Mewujudkan Pilkada Bersih dan Bermanfaat' di Yogyakarta, Sabtu (6/8).

"Media itu jadi faktor penentu, proses penyelenggaraan suksesnya atau nggaknya," ujar Muhammad.

Muhammad mengatakan bahwa ada ketersinggungan antara peran media dengan penyelenggaraan Pilkada, yakni menjalankan peran kendali dan pengawasan. Hal ini selaras dengan peran yang dimiliki oleh Bawaslu. Sehingga penting menjaga keselarasan antara peran dan fungsi media dengan Bawaslu.

"Media dan Bawaslu memberikan informasi soal pengawasan, peduli dengan pengawasan, kita berharap desainnya positif, agar misi pendidikan politik berjalan," katanya.

Ia menyebut penting juga bagi media untuk tetap menjaga netralitas selama penyelenggaraan Pilkada. Karena sukses pelaksanaan Pilkada di daerah juga tak lepas dari kenetralan media dalam menjalankan fungsinya.

Apalagi pelaksanaan Pilkada kerap tak lepas dari potensi konflik. Sehingga peran media menjadi sangat dibutuhkan dalam hal ini. (nn/rol)    


Top