Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.PASBAR,  –  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI telah mengucurkan bantuan berupa barang senilai ratusan juta Rupiah kepada nelayan dan kelompok budidaya ikan di Pasaman Barat. hal ini di katakan oleh Kepala Bidang Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Pasaman Barat Lutf.

Menurut Lutfi, bantuan yang telah diterima dari KKP tersebut diberikan langsung kepada nelayan dan kelompok budidaya seperti Keramba Jaring Apung (KJA) HDPE, yang diserahkan kepada empat kelompok nelayan, yang masing-masingnya menerima satu unit untuk enam petak KJA di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia senilai Rp800 juta.

Lutfi mengatakan, bantuan lainya yang diterima kelompok budidaya yaitu kegiatan gerakan pengembangan pakan ikan mandiri berupa mesin pembuat pakan ikan sebanyak 3 unit, diantaranya satu unit di Kecamatan Luhak Nan Duo, Kecamatan Pasaman satu unit, dan Kecamatan Parit Koto balingka 1 unit. Selain itu, juga ada bantuan satu demplot pengembangan pakan ikan alami (cacing) di Kecamatan Luhak Nan Duo.

“Kegiatan percontohan minapadi (pola penanaman padi sekaligus membudidayakan ikan di lahan sawah) juga memperoleh bantuan seluas  31 hektare untuk 2 kelompok pembudidaya ikan. Satu kelompok di Kecamatan Kinali bantuannya seluas 15 hektare, dan satu kelompok di Kecamatan Talamau seluas 16 hektare,” ujar Lutfi.

Ia melanjutkan, satu hektare lahan dibantu dana Rp35 juta dengan rincian Rp30 juta untuk  sarana prasarana, pembelian benih padi, pupuk, bibit ikan dan pakan ikan, serta Rp3 juta untuk pengolahan lahan, ditambah Rp2 juta diperuntukan pemagaran tempat.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Zulfi Agus DKP Pasbar menambahkan, bantuan itu telah disalurkan kepada nelayan dan kelompok budidaya, serta telah dimanfaatkan oleh penerima bantuan pada pertengahan 2016. (ys/klikp)


Top