Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911. Bandung - Aksi heroik tim animal rescue Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung yang menyelamatkan seekor kucing jantan terjebak di puncak pohon setinggi 10 meter ini menyita perhatian warga setempat. Kucing itu bertengger di puncak pohon selama semalam atau sejak kemarin sore.

Mobil regu penyelamat dari DPPK Kota Bandung tiba di lokasi Jalan Kamuning, Kota Bandung, Senin (29/8/2016), sekitar pukul 14.30 WIB. Sebelumnya sudah ada dua petugas yang bersiaga sejak pukul 14.00 WIB. Mereka bersiap membawa turun kucing yang tak berkutik saat berada di atas pohon. Secara sigap petugas menurunkan alat-alat penyelamatan seperti tangga dan tambang untuk digunakan tim animal rescue menggunakan sistem askender.
 
Petugas penyelamat yang hendak menurunkan kucing terjebak di pohon. Foto: Masnurdiansyah.
 
"Kita dapat laporan katanya ada kucing kejebak di pohon. Kita datang langsung ke sini untuk menyelamatkan," ujar salah satu anggota tim animal rescue DPPK Kota Bandung Bella Bhakti Nagara di lokasi.

Mereka naik setelah memasang semua perlengkapan. Namun medan pohon menjadi kendala lantaran ada beberapa dahan yang rapuh serta terdapat kebel listrik membentang.

"Pas mau naik karena ini kan ada dua pohon ternyata kucing itu ada di dahan pohon yang sebelahnya. Jadi tadi sempat kesetrum. Makanya saya turun lagi," kata Bella.
 
Para petugas bersiap untuk menyelamatkan kucing jantan yang selama semalam bertengger di puncak pohon. Foto: Masnurdiansyah.
 
Selama proses evakuasi tersebut, sejumlah warga dan karyawan rumah makan di Jalan Kamuning sempat berhamburan keluar. Mereka menyaksikan langsung momen-momen tim penyelamat guna menurunkan kucing berbulu oranye itu. Petugas berkoordinasi dengan petugas penerangan jalan umum (PJU) dari Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung untuk memudahkan petugas mendekati posisi kucing yang terjebak.
 
Kucing jantan berbulu oranye itu tampak diam. Foto: Masnurdiansyah.
 
"Tadi menunggu dulu mobil PJU. Karena kita harus membaca medannya dulu, ternyata ada listrik tegangan tinggi," ucap Bella.

Setelah mobil PJU Kota Bandung tiba di lokasi sekitar pukul 14.20 WIB, petugas mengambil ancang-acang untuk secepatnya meraih kucing liar itu. Tiang bak mengangkat dan mengantarkan dua orang petugas yang salah satunya Bella ke puncak pohon.
 
Regu penyelamat mendekati posisi kucing yang berada di atas pohon. Foto: Masnurdiansyah.
 
Butuh waktu tiga menit bagi regu penyelamat untuk membawa turun kucing. Pada pukul 14.30 WIB, kucing itu dalam dekapan Bella.

"Ini kucingnya cukup agresif, karena kucing ini juga membutuhkan pertolongan," kata Bella.

Para warga bersorak bangga dengan aksi petugas itu. Terlihat muka lega di antara tim animal rescue yang berhasil menunaikan operasi penyelamatan seekor kucing.

Warga langsung mengeluarkan smartphone masing-masing dan mendekati Bella yang tengah memegang kucing yang tubuhnya terlilit tali rapia. "Ini kayaknya sengaja ada yang menalikan. Seperti ada yang jahil. Mungkin karena itu kucing panik lalu naik ke pohon," tutur Bella.
 
Tim animal rescue berhasil menyelamatkan kucing. Foto: Masnurdiansyah.
Menurut Bella, kucing kalau sudah naik ke atas pohon akan susah turun. Makanya, sambung Bella, kucing jantan ini memilih diam.

Petugas yang telah menyelamatkan kucing ini langsung melepasnya agar kembali berkeliaran bebas. Regu penyelamat bergegas kembali membereskan peralatan, lalu kembali ke markas DPPK Kota Bandung di Jalan Sukabumi.
(na/okezone)


Top