Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


Suryanews911.com , Dompu - Ratusan rumah di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), dilaporkan mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) yang terjadi pada Senin (1/8/2016), sekira pukul 06.04 Wita.
 "Dari laporan sementara yang saya terima dari Camat Pekat, ada ratusan rumah rusak berat, sedang dan ringan, namun tidak ada korban jiwa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Muhammad Rum, seperti dikutip dari Antara.

Ratusan rumah yang rusak tersebar di Desa Calabai, sebanyak tujuh unit rusak berat dan 16 unit rusak ringan, Desa Karombo tujuh rumah rusak berat dan 20 rumah rusak ringan, Desa Kadindi Barat sebanyak enam unit rusak berat dan 40 unit rusak ringan.

Selain itu, di Desa Nangamero sebanyak empat rumah rusak berat dan lima rusak ringan, Desa Kadindi Atas empat rumah rusak berat dan 15 rusak ringan, Desa Pancasila tiga rusak berat dan 11 rusak ringan dan di Desa Sorinongo ada sembilan rumah dilaporkan rusak berat.


Menurut Rum, Kecamatan Pekat dan Kecamatan Tambora merupakan daerah yang paling dekat dengan pusat gempa, namun belum ada laporan adanya kerusakan bangunan di Kecamatan Tambora.
"Dari laporan sementara Kapolsek Tambora, belum ada informasi rumah warga yang rusak akibat gempa bumi tersebut," ujarnya. Ia mengatakan, anggota Polsek Pekat dan anggota TNI AD dari Koramil Pekat, serta petugas medis dari Puskesmas Pekat, saat ini tengah bergotong royong menolong korban, sekaligus membersihkan puing bangunan yang rusak bersama masyarakat setempat.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang Dompu. Lokasi pusat gempa bumi yang tidak berpotensi tsunami tersebut berada di 8,23 lintang selatan - 117.86 bujur timur. Gempa bumi tersebut berada di 63 kilometer (km) barat laut Dompu, pada kedalaman 18 km. Getaran kuat juga dirasakan oleh warga di empat kabupaten/kota di Pulau Sumbawa, NTB, yakni Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, dan Kota Bima

(de)


Top