Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.JAKARTA - Untuk mengatasi asma, sejumlah penderitanya mengandalkan obat. Namun, menurut beberapa peneliti, ada cara untuk meringankan gejala asma. Salah satunya menjaga pola gaya hidup.

Lalu pola gaya hidup seperti apa yang harus dijalankan bagi penderita asma? Berikut ini ulasannya, seperti dilansir Mayoclinic.

1. Menggunakan AC
Menggunakan AC bisa menambah debu dalam ruangan yang menjadi pemicu kambuhnya asma. Sementara jika tidak memiliki AC, Anda bisa menutup jendela agar debu tidak masuk ke dalam rumah dan rutin membersihkan furniture.

2. Mengganti barang-barang tertentu
Pastikan Anda rutin mengganti barang-barang yang bisa memicu kambuhnya asma, seperti sarung bantal dan kasur. Cara ini juga bisa meminimalisir debu.

3. Membersihkan rumah 
Rumah yang lembab bisa menjadi sarang untuk tumbuhnya jamur dan bakteri yang memicu kambuhnya asma. Oleh karena itu, pastikan Anda rutin membersihkan kamar mandi, dapur, dan sekitar rumah lainnya. Hindari juga daun berjamur dan kayu bakar basah.

4. Hindari hewan berbulu
Memelihara hewan berbulu memang diizinkan, namun hewan itu harus dirawat sebaik mungkin, seperti dimandikan secara teratur. Jika tidak bisa memicu asma. Untuk mencegah kambuhnya asma, sejumlah pakar menyarankan untuk menghindari hewan berbulu.

5. Olahraga
Olahraga secara teratur dipercaya bisa memperkuat jantung dan paru-paru. Cara ini pun diklaim bisa meredakan asma.(ys/sindo)




Top