Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.PASBAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), memperingatkan warga waspada terkait bencana alam, baik itu gempa,banjir, longsor dan abrasi.

" Himbauan ini, terkait tingginya curah hujan dan bencana alam yang sedang terjadi di beberapa wilayah di Sumbar," kata Plt Kepala BPBD Pasbar Tri Wahluyo pada KLIKPOSITIF Rabu, 24 Agustus.

Tri mengatakan untuk wilayah Pasbar hingga saatini belum ada laporan tentang kejadian bencana lama baik itu banjir maupun tanah lonsor. "Namun demikian kita, tetap mengimbau kepada warga Pasbar diminta tetap waspada, terhadap bencana alam, sebab kita tidak mengetahui akan datang nya bencana," ujarnya

Pihaknya saat ini terus memantau perkembangan di semua wilayah Pasaman Barat. Petugas BPBD telah disiapkan di setiap kecamatan di Pasbar. Dia juga berharap masyarakat bisa memberikan informasi secepatnya jika terjadi bencana.

Menurutnya Pasaman Barat merupakan yang secara geografis rawan bencana. Dengan daerah perbukitan, memiliki sungai besar dan laut, potensi bencana alam selalu mengintai.

Luapan air sungai bisa terjadi ketika hujan berkepanjangan. Bahkan longsor bisa terjadi ketika tidak sedang hujan saat itu juga.

Sebagai daerah perbukitan bencana yang mengancam adalah longsor mulai dari Kecamatan Talamau, Kecamatan Gunung Tuleh, Kecamatan Sungai Aua, Kecamatan Ranah Batahan, hingga Kecamatan Parit Koto Balingka.

Selain longsor, bencana banjir juga mengancam karena wilayah Pasbar , dialiri sungai-sungai besar yang bermuara di Muara Sasak. Sungai yang rawan banjir yakni sungai Batang Pasaman dan Sungai Batang Sikabau. Kedua sungai itu setiap tahun meluap dan merendam ribuan rumah warga terutama saat musim hujan.

Abrasi pantai juga selalu mengancam rumah nelayan yang berada di sekitarnya mulai dari KatiaganKinali, Kecamatan Sasak, Sikilang sampai Aia Bangih Kecamatan Sungai Beremas.
(bt/klikP)


Top