Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911. JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kerja dari Presiden Republik Guinea Alpha Conde di Istana Negara, Rabu (3/8). Dalam pertemuan bilateral itu, kedua negara sekaligus menandatangani kerjasama pembentukan sidang komisi bersama.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, dengan adanya kerjasama tersebut, maka Indonesia dan Guinea akan memiliki suatu forum khusus di mana kedua negara akan bertemu secara rutin untuk membahas peningkatan kerjasama bilateral.

"Dalam pertemuan tadi diusulkan forum pertama akan diadakan tahun depan di Guinea," kata Menlu di Istana Merdeka.

Lebih lanjut, Retno menjelaskan, peluang kerjasama yang dapat ditindaklanjuti kedua negara yakni bidang pertanian, energi dan penerbangan. Khusus bidang pertanian, Retno menyebut Guinea memiliki 6 juta hektar lahan yang belum digarap.

Guinea sendiri dahulu kala dikenal sebagai lumbung padinya Afrika Barat. Karenanya, sektor pertanian sangat penting bagi negara tersebut.

"Tadi Presiden berikan pengarahan bahwa pemberian kapasitas di bidang pertanian akan kita kedepankan dan untuk segera ditindaklanjuti," kata Retno.
(na/rol)


Top