Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911. PADANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menetapkan status darurat siaga bencana untuk dua minggu ke depan. Hal ini lantaran angin kencang dan longsor yang menerjang wilayah Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Kata Sekretaris BPBD Kabupaten Solok Soni Sondra, pada Okezone, Jumat (26/8/2016).

Soni menjelaskan bahwa  angin kencang menerjang tiga kecamatan yaitu Kecamatan Lembah Gumanti yang mencapai sekira 200-an rumah rusak akibat diterjang angin kencang sejak 24 hingga 25 Agustus dini hari.

“Rata-rata rumah yang terkena angin kencang ini atapnya lepas dari rumah. Kondisi rumah korban ada yang rusak sedang ada juga yang mengalami rusak berat, saat ini BPBD sedang melakukan survei. Kita juga meminta pemerintah nagari dan kecamatan untuk mendata kerusakan tersebut sebab mereka yang tahu lebih detail kondisi warganya,” katanya.

Ia menyebut, apabila data sudah lengkap, pihaknya akan menyerahkan kepada Dinas Sosial untuk menyerahkan bantuan, kalau tidak ada bantuan logistik pihaknya akan melakukan koordinasi dengan provinsi.

“Memang saat ini kita belum menyalurkan bantuan kepada warga sebab datanya belum ada. Untuk sementara warga yang terkena angin kencang ini mengungsi ke rumah tetangga yang tidak kena, sementara kita telah menyiapkan beberapa bantuan berupa tenda dan tenaga dari BPBD,” ulasnya.

Sementara sampai beberapa hari ke depan, kondisi di daerahnya masih berpeluang terjadi hujan lebat beserta angin kencang. “Untuk itu kita menetapkan status siaga darurat bencana, jika terjadi bencana kita sudah siap memberikan pertolongan dan evakuasi. Status itu sudah kita tetapkan sejak kemarin,” tutupnya. (nn/okezon)


Top