Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911. PADANG TUJUAH – Pascagempa bumi beberapa waktu lalu, Gunung Talamau di Pasaman dicurigai aktif lagi. Tim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tim vulkanologi dari Bandung, dan pengamat gunung api dari Padang Panjang, Tandikek dan Gunung Talang tengah menelitinya. Hal ini dikatakan Kepala Bidang Siaga Kebencanaan pada BPBD Pasbar Roni Eka Putra, sebagaimana dilansir situs resmi Pemkab Pasbar.

Ia mengatakan, jika memang tim tersebut menemukan fakta-fakta gunung tertinggi di Sumbar itu aktif lagi, maka fenomenanya tentu mirip dengan Gunung Sinabung yang sudah berpuluh-puluh tahun tidur, tiba-tiba aktif lagi.

Sementara itu, keresahan memang beredar di tengah-tengah masyarakat Pasbar sejak gempa berkekuatan 5,4 SR, 5,1 SR, dan 4,8 SR pada Minggu (10/7) lalu. Sebagian orang menyimplkan, lokasi itu berada di sekitaran Gunung Talamau tersebut. Gempa itu diisukan bisa menyebabkan Talamau aktif lagi.

Kini sedang dilakukan penelitian oleh ahli terkait dengan kondisi Gunung Talamau tersebut, guna menghilangkan kekhawatiran masyarakat.

Ia menyebutkan daerah-daerah yang kemungkinan terdampak bencana bila sewaktu-waktu terjadi erupsi akibat aktivitas gunung itu, di antaranya Kecamatan Talamau, Pasaman, Kinali, Simpang Tiga Ophir di Pasaman Barat, dan beberapa daerah lainnya di Kabupaten Pasaman. (nn/singgalang)


Top