Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.SIMALUNGUN – Benahi Danau Toba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), bersama TNI dan Polri melakukan pembersihan Keramba Jaring Apung (KJA) di Huta Sualan Nagori Sibaganding, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Pembersihan KJA tersebut sebagai bukti dukungan Pemkab Simalungun terhadap program pemerintah pusat dalam rangka pembenahan Danau Toba sebagai destinasi wisata nasional sekaligus mendukung Badan Otorita Pariwisata Danau Toba. Pembersihan KJA dilakukan dengan membagi tiga sektor. Sektor I dilakukan oleh Polres Simalungun, sektor II oleh Kodim 0207 Simalungun serta sektor III oleh Rindam I/BB yang dibantu anggota Satpol PP Simalungun.

“Selain pembersihan KJA, juga dilakukan pembersihan eceng gondok. Pemkab Simalungun juga melakukan pengaspalan askes jalan di Huta Sualan untuk memperlancar sarana transportasi masyarakat,” kata Bupati Simalungun, JR Saragih.

Menurut Saragih, pembersihan KJA ini tidak hanya di Huta Sualan saja, namun juga dilakukan sampai ke Haranggaol dan seluruh pantai Danau Toba di Kabupaten Simalungun.

Sementara, Kapolres Simalungun, AKBP Yofie Girianto Putro menambahkan pembersihan KJA sebagai tindak lanjut program pembangunan kawasan Danau Toba menjadi destinasi wisata internasional. Pemkab Simalungun sendiri berjanji siap memberikan bantuan sebesar Rp5 juta per kepala keluarga yang bersedia membongkar KJA-nya dari permukaan Danau Toba di Parapat. Saat ini, KJA yang berada persis di bibir pantai danau tersebut jumlahnya sekira 1.000-an.
(bt/okz)


Top