Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.BIAK - Sebanyak 451 orang dari 1.670 penderita HIV/AIDS di Kabupaten Biak Numfor, Papua, tewas akibat penyakit menular mematikan tersebut.

Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Selfi Rumbiak mengatakan, para penderita HIV/AIDS di Kabupaten Biak Numfor, rata-rata dialami kelompok usia produktif 20-29 tahun dengan 565 kasus.

"Jajaran Pemkab Biak beserta KPA telah berkomitmen menangani penyakit HIV/AIDS dengan mencanangkan Biak bangkit melawan HIV/AIDS," kata dia, seperti dikutip dari Antara, Rabu (27/8/2016).

Ia menambahkan, pencegahan penyakit menular HIV/AIDS tidak hanya menjadi tugas KPA, tetapi harus menjadi tanggungjawab semua elemen masyarakat Kabupaten Biak Numfor.

Sementara, tenaga operasional lapangan KPA Biak, Basri mengatakan, dari 1.670 kasus pengidap HIV/AIDS, penyebab paling dominan terjadi karena hubungan seksual yang prosentasenya mencapai 80 persen.

Dari seribuan kasus HIV/AIDS, jumlah pengidap tertinggi berjenis kelamin laki-laki sebanyak 891 kasus dan perempuan 727 kasus.

KPA sebagai organisasi, menurut Basri, telah melakukan koordinasi dan singkronisasi program untuk mencegah penularan HIV/AIDS di Kabupaten Biak Numfor.(ys/okzn)


Top