Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.Pesisir Selatan -- Petani sawit di Kabupaten Pesisir Selatan mengeluhkan turunnya harga tandan buah segar (TBS) sawit yang sudah terjadi sejak Ramadan lalu. Penurunan harga ini cukup signifikan, yakni dari harga sebelumnya mulai Rp800 hingga Rp1000 per-kilogram kini turun menjadi Rp450 per kilogram.

"Harganya hanya bertahan di kisaran Rp450 sampai Rp600 per-kilogram. Situasi ini cukup memberatkan kami," kata Aprinal (48) warga Kecamatan Sutera.

Ia mengungkapkan, harga TBS saat ini tidak sebanding dengan ongkos produksi dan biaya perawatan kebun. "Bagaimana untuk membeli pupuk mencukupi kebutuhan dapur saja sulit," tuturnya.

Menurutnya, harga TBS sebelumnya yang mencapai Rp1000 per-kilogram sudah mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, anggota DPRD Pessel Zerfi Deson meminta Pemkab Pessel lebih bijaksana dalam menyikapi kondisi petani sawit dan perusahaan-perusahaan pengelola. Setidaknya bisa menentukan harga yang sebanding dengan daerah lain.

"Ini hampir setiap saat masyarakat mengeluh. Setidaknya, Pemkab kita ini bisa membuat kebijakan dengan perusahaan yang ada," katanya.(ys/klikp)


Top