Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911. PADANG - Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat Yudas Sabaggalet mengatakan, daerahnya memiliki sekitar 400 titik berselancar yang dapat mendukung bisnis pariwisata. "Sebanyak 23 dari 400 titik itu memiliki ombak berskala internasional," katanya, Sabtu (30/7).

Secara umum, ia mengklaim ombak di Kepulauan Mentawai merupakan terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. "Potensi Mentawai sangat besar, apalagi wisatawan mancanegara yang berkunjung menikmati ombak dan berselancar itu mencapai 7.000 orang," katanya.

Hal itu menjadi potensi devisa bagi Pemkab Kepulauan Mentawai dengan memperoleh pendapatan per tahunnya dari sektor pariwisata sebesar Rp583,2 miliar. Selain potensi sektor pariwisata, juga ada potensi kelautan dan perikanan yang mencapai 127.721 ton per tahun.

"Ke depan akan dibuat kawasan ekonomi khusus pariwisata. Hal ini seiring dengan rencana pembangunan trans Mentawai di empat ruas," ujarnya.

Sementara Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumbar, Ian Hanafiah mengatakan untuk terus mendukung perkembangan sektor pariwisata perlu melibatkan masyarakat setempat untuk lebih terbuka terhadap wisatawan.

"Pada 2016 ini kemajuan pariwisata Sumbar cukup pesat, maka masyarakat harus terbuka dan bersinergi dengan pelaku wisata agar terus berkembang," ujarnya.

Namun, masyarakat tidak bisa dibiarkan begitu saja, melainkan pemerintah harus mengedukasi warga sekitar tempat wisata agar manfaatnya dirasakan oleh penduduk setempat.
(na/rol)


Top