Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911. Padang-- Pilar sosial seperti Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna, atau Pekerja Sosial Masyarakat penting untuk pembangunan daerah. Hal ini dikatakan Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Senin.

"Kesemua pilar tersebut memiliki andil dalam membangun sosial masyarakat tanpa ada iming-iming imbalan dan ini sangat penting," ujarnya Mahyeldi.

Mahyeldi berpendapat bahwa apa yang dilakukan individu atau kelompok sosial tersebut dalam mengajak dan memberikan sumbangsih pada kemajuan daerah seharusnya mendapat apresiasi.

Sebab tidak mudah menjadi individu yang memiliki ide, tekad dan semangat membangun lingkungan dan masyarakatnya tanpa berharap balasan.

Implikasi bagi pembangunan dari pilar sosial ini yakni menjadi alat untuk memperkuat di tatanan masyarakat membantu kinerja pemerintah.

Ia mencontohkan, karang taruna melalui berbagai program kegiatannya menjaring generasi muda menyalurkan kemampuannya untuk pekerjaan yang bermanfaat, misal terjun membantu korban bencana, mengumpulkan infak untuk fakir miskin atau mengadakan kegiatan lomba olahraga dan lain sebagainya.

Namun, sejauh ini pihaknya mengakui belum bisa memberikan bantuan bagi pilar sosial ini karena banyaknya keterbatasan. Meskipun demikian saat ini adanya kompetensi tentang pilar sosial tersebut, diharapkan menjadi motivasi untuk berbuat lebih dalam pembangunan.

Salah satu warga Padang, Darul berharap bantuan untuk pilar atau kelompok sosial ini tidak hanya dalam hal dana atau reward semacamnya. Akan tetapi bersifat sistemik, misalnya untuk bantuan pengelolaan sampah, pengadaan pos kamling, pengadaan kontainer, dan lainnya.

Dengan adanya sokongan pemerintah tersebut diyakini sejalan dengan program atau rencana yang disusun oleh para kelompok tersebut. (nn/antara)



Top