Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911.InfoSehat--Ada beberapa faktor risiko yang memicu kanker kepala leher,  seperti halnya merokok dan minum alkohol.

Anda juga harus mengenali gejalanya agar tidak terlambat ditangani dokter. Berikut ini rangkumannya seperti diterangkan Ahli Kanker Kepala Leher dr Marlinda Adham SpTHT-KL(K) PhD.

Suara berubah

Jika Anda mengalami perubahan suara dalam waktu lama, hati-hati termasuk gejala kanker kepala leher. Karena pada kasus ini kanker laring dapat terjadi, sehingga menyebabkan kerusakan pita suara.

Muncul benjolan

Benjolan yang muncul bisa merupakan pertumbuhan kanker atau kelenjar getah bening yang membesar akibat perluasan kanker. Adapun jenis kanker kepala leher yang ditandai dengan benjolan yakni kanker nasofaring, tiroid, mata, dan kelenjar getah bening.

Sulit menelan

Penderita kanker kepala leher pada awalnya mengalami gejala sulit menelan. Ini disebabkan karena kerongkongan tersumbat, sehingga mengalami kelemahan.

Luka di sekitar mulut

Apabila terdapat luka di sekitar mulut yang lama pulih, hati-hati terjadi tanda kanker mulut dan lidah. Awamnya, orang hanya mengenal sariawan dengan kondisi berbeda dari biasanya.

Perdarahan

Karena kanker membuat kondisi pasien rapuh maka sering terjadi perdarahan. Hal ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang tak terduga. (nn/okezon)


Top