Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.BANDAR LAMPUNG – Jumlah penumpang kereta api (KA) Palembang – Lampung pada arus balik Lebaran Idul Fitri 1437 H masih membeludak hingga Selasa (12/7). PT KAI Subdivre III.2 Lampung masih menyiapkan KA tambahan untuk menampung pemudik balik.

Pada pekan pertama pasca-Lebaran, ternyata pemudik balik masih meningkat padat di Stasiun Kertapati dan Stasiun Tanjungkarang. Penumpang yang belum memiliki tiket pesanan, masih berpeluang mendapatkan tiket KA tambahan dari Kertapati ataupun Tanjungkarang.

Pemudik balik yang menggunakan KA dari Stasiun Tanjungkarang (Lampung) menuju Kertapati (Palembang) masih meningkat ramai, meski hari pertama Senin sudah mulai masuk kantor. Pemudik yang pulang dengan KA mayoritas mengajak keluarga karena masih musim liburan sekolah.

“Kami sengaja balik setelah hari kerja kantor. Soalnya, anak-anak masih liburan. Kami pikir sudah sepi, tapi tahunya masih padat,” kata Lina, warga Tanjungkarang Barat, Kota Bandar Lampung, yang berlebaran di Palembang.

Kepala Stasiun Tanjungkarang, Sutrisno membenarkan masih terjadi lonjakan penumpang KA setelah pegawai masuk kantor pada Senin (11/7). Meski demikian, pihaknya terus melakukan penambahan KA untuk menampung pemudik balik untuk setiap pemberangkatan KA.

Menurut dia, masing-masing KA yang berangkat dari Stasiun Tanjungkarang menuju Kertapati, mendapatkan jatah satu gerbong KA tambahan. KA yang berangkat dari Lampung menuju Palembang yakni KA Limeks Sriwijaya (bisnis dan eksekutif), KA Rajabasa (ekonomi).

KA Limeks Sriwijaya kelas bisnis dari dua gerbong mendapat tambahan jadi tiga gerbong (masing-masing gerbong 64 kursi) , KA Limeks Sriwijaya kelas eksekutif dari empat gerbong menjadi lima gerbong (masing-masing gerbong 50 kursi), KA Rajabasa kelas ekonomi dari lima gerbong menjadi enam gerbong (masing-masing gerbong 106 kursi).

KA Limeks Sriwijaya berangkat malam pukul 21.00, sedangkan KA Rajabasa berangkat pagi pukul 08.30. Selain KA reguler antarprovinsi. Stasiun Tanjungkarang juga menyediakan KA rute lokal ke Kotabumi dengan jadwal keberangkatan dua kali pagi dan siang hari.
(bt/rol)


Top