Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.NEW DELHI - Para ilmuwan di India menemukan minuman super baru, yakni susu kecoa. Susu yang diproduksi oleh spesies kecoa kumbang Pasifik itu dipercaya bisa digunakan sebagai suplemen protein di masa depan.

Menurut sekelompok ilmuwan yang bekerja di Institute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicine itu, susu kecoa mengandung jenis protein yang unik. Bahkan, minuman itu terbukti memiliki empat kali nilai gizi dari susu sapi.

Satu-satunya kecoa vivipar yang punya nama Latin Diploptera punctata itu memproduksi sejenis susu yang mengandung kristal protein. Suplemen lengkap dengan kandungan asam amino esensial, protein, lemak, dan gula tersebut menjadi makanan embrio kecoa. "Jika Anda membutuhkan makanan tinggi kalori dan mengandung nutrisi lengkap, inilah dia," ungkap salah satu peneliti, Profesor Ramaswamy.

Protein tersebut juga memiliki manfaat lain seperti melepaskan energi secara perlahan selama periode waktu yang panjang. Hasil penelitian telah dipublikasikan di International Union of Crystallography Journal.

Namun, para peneliti bukannya menganjurkan kita meminum langsung susu kecoa itu. Saat ini, mereka tengah mencoba menemukan cara untuk menghasilkan kristal protein di laboratorium.

Ini bukan pertama kalinya para ilmuwan menganjurkan konsumsi serangga. Para ilmuwan di Oxford University pada 2015 lewat studinya membuktikan bahwa konsumsi kecoa memberi lebih banyak protein atau setara dengan daging merah.
(bt/rol)


Top