Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.MATARAM — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selaku tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 akan memamerkan sekitar 170 koleksi peradaban Islam Nusantara dari tujuh provinsi di seluruh Indonesia sejak 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang.

NTB akan menampilkan koleksi peradaban Islam diantaranya kesultanan Bima, Sumbawa dan yang berasal dari Museum NTB. "Koleksi peradaban Islam dari NTB berasal dari Museum NTB, Kesultanan Bima dan Sumbawa," ujar Ketua Indonesian Congress and Convention Asosiation (INCCA) NTB, M Nurhaedin, Kamis (21/7).

Selain itu pameran peradaban Islam akan memamerkan relief-relief sejarah kesultanan dan peradaban Islam di Indonesia dan NTB. Menurut dia, koleksi yang relatif unik membuat pihaknya harus berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga barang tersebut.

Ia menambahkan pameran peradaban Islam berada pada area yang luasnya mencapai 20 kali 20 meter persegi. Sementara itu, total area pameran mencapai 1,3 hektare di jalan Udayana dengan total stand mencapai 270 stand untuk pameran NTB ekspo, holtikultura dan UKM.  Nurhaedin mengatakan sesuai dengan arahan Gubernur NTB, pameran yang akan dilaksanakan pada MTQ mendatang diharapkan berkualitas dan menampilkan hal yang berbeda. "95 persen stand sudah terisi," ungkapnya.

Ketua Bidang Pameran MTQ ke 26, Budi Septiani yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan NTB mengatakan pameran peradaban Islam juga akan menampilkan mesjid Kuno Bayan dan mesjid modern.
(bt/rol)


Top