Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.InfoSehat -- jenis makanan sehat dapat mendatangkan manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama memproduksi bakteri yang baik untuk usus.
Dr Robynne Chutkan, ahli gastroenterologi, menyebutkan cara sehat untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, dikutip dari laman Womenfitness, Jumat (29/7/2016).

Sayuran 

Menjalankan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi banyak sayur sangat direkomendasikan dr Chutkan. Ia menganjurkan strategi makan sayur 3:2:1. Misalnya, saat sarapan mengonsumsi satu porsi sayur, dua porsi sayur untuk makan siang, dan tiga porsi sayur untuk makan malam. Teknik ini dipercaya mendukung perkembangan bakteri baik pada usus.

Pemilihan karbohidrat 

Jangan bermusuhan dengan karbohidrat, jika Anda menginginkan tubuh yang ideal. Karbohidrat yang mengandung prebiotikk mampu menunjang bakteri baik. Misalnya, menyertakan kentang rebus dalam salad

Makanan fermentasi 

Hampir semua orang tak bisa menolak kelezatan dari keju dan yogurt. Kedua asupan tersebut mengandung prebiotik penting untuk mendukung sistem imunitas tubuh. Selain itu, makanan fermentasi ini mampu meningkatkan bakteri baik untuk kesehatan.

Waktu makan 

Tak hanya tubuh, ternyata usus membutuhkan waktu untuk beristirahat setidaknya 12 jam. Apabila Anda makan malam pukul tujuh malam, dianjurkan untuk menyantap sarapan pagi di atas jam tujuh pagi. Jeda istirahat pada usus, bermanfaat untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan dan bakteri baik di dalamnya.

Batasi gula 

Karbohidrat yang ditemukan dalam minuman ringan dapat menyebabkan pergeseran bakteri baik dalam usus. Chutkan menyarankan untuk tidak mengonsumsi minuman yang terdapat dalam kemasan, melainkan air mineral adalah pilihan yang terbaik.(ys/okzn)


Top