Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.LifeSyle -- Cumiadalah satu seafood yang punya banyak penggemar setelah udang dan kerang. Diolah dengan bumbu sederhana saja bisa menghasilkan rasa yang lezat, tapi tentu yang memengaruhi adalah kualitas cumi dan cara penanganannya.

Beberapa pasar ikan menjual cumi segar yang sudah dibersihkan, tapi Anda harus membayar ekstra untuk itu. Jika Anda ingin menghemat uang, Anda dapat membeli cumi utuh dan membersihkannya sendiri di rumah.

Dilansir dari FineCooking, cumi segar ditandai dengan aroma laut yang bersih, badan cumi terlihat mengilap, gemuk dan tidak kempis. Seluruh bagian cumi dilapisi membran tipis bernama purplishgray, lapisan ini bisa dimakan tapi kadang orang membuangnya karena membuat penampilan cumi kurang menarik.

Jika cumi segar sudah di tangan, langkah selanjutnya adalah membersihkan cumi dan mempersiapkannya jadi bahan siap olah. Berikut tiga langkah mudah cara membersihkan cumi.

Bersihkan bagian kepala dan sayap cumi

Pastikan Anda menggunakan pisau yang tajam. Potong bagian tentakel yang terletak di bawah mata hingga menyisakan bagian kepala. Buang juga bagian sayap cumi yang terletak di bagian bawah daging cumi. Sayap ini memang bisa dimakan tapi bentuknya dianggap kurang menarik apalagi jika cumi akan diolah menjadi calamari.

Buang bagian dalam perut cumi

Bersihkan bagian isi perut cumi dari jeroan dan bagian lain yang tidak diinginkan. Gilas perlahan badan cumi menggunakan bagian pisau yang tumpul. Keluarkan isi perut termasuk kerangka tulang bening yang ada pada cumi.

Cuci cumi

Selanjutnya Anda bisa mencuci cumi untuk membuatnya lebih bersih. Cuci cumi di bawah air mengalir. Bersihkan bagian luar dan dalam perut cumi. Pastikan semua bersih dari kotoran ataupun tinta yang keluar. Cumi siap digunakan untuk berbagai olahan lezat.(ys/okzn)


Top