Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat


Suryanews911.com, Jakarta -- Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memperkenalkan seluruh menteri barunya yang sedianya juga langsung dijadwalkan untuk ikut menghadiri sidang kabinet paripurna.


Berikut sembilan menteri baru yang diumumkan Jokowi beserta profil singkatnya:

1. Menteri Perindustrian  Airlangga Hartarto



Politikus Partai Golkar yang pernah duduk di kursi DPR ini diketahui lahir di Surabaya, 1 Oktober 1962. Ia pernah didaulat menjadi Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia hingga tahun 2009. Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia untuk periode 2009-2014 ini juga dikenal sebagai putra Ir Hartarto, mantan Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV di era Presiden Soeharto.

2. Menteri ESDM Archandra Tahar













Lulusan Institut Teknologi Bandung ini menggeser posisi Sudirman Said. Konon pria ini dikenal piawai dalam bidang offshore, sebagaimana jabatannya saat ini sebagai Presiden Petroneering Houston di Texas yang bergerak di bidang energi dan minyak.


3. Menteri Perhubungan  Budi Karya Sumadi










Direktur Utama Angkasa Pura II Jakarta ini resmi mendepak Iganisus Jonan sebagai Menteri Perhubungan. Sejak awal lelaki kelahiran Palembang, 18 Desember 1956, namanya sudah didengung-dengungkan akan masuk di pembentukan kabinet awal Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun sepertinya memang baru tahun ini namanya beruntung disisipkan ke Kabinet.


4. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Profesor Muhajir


Mantan Rektor Universitas Muhammdiyah Malang ini dikenal sebagai seorang sosiolog yang ahli di bidang militer sekaligus intelektual muslim. Saat ini, lelaki kelahiran Madiun, 29 Juli 1956, ini menggantikan posisi Anies Baswedan.

5. Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Senjoyo



Politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini dikenal pada Pilpres lalu. Ia menjadi tim deputi transisi Jokowi-JK. Ia sempat didapuk menangani bidang peningkatan perdagangan domestik, peningkatan ekspor, ekonomi kreatif dan percepatan pembangunan di Papua. Dan kini, Eko akhirnya menggeser posisi Marwan Djafar rekan sesama partainya dari Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

6. Menteri PAN-RB Asman Abnur


Pria asal Minangkabau Sumatera Barat ini merupakan pengganti Yuddy Chrisnandi dari posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Selama ini ia dikenal sebagai politikus Partai Amanat Nasional (PAN) yang kini duduk di kursi DPR lewat perwakilan Kepulauan Riau. Zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia pernah menjadi Wakil Wali Kota Batam.

7. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati



Perempuan kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962, ini namanya sudah malang melintang di internasional. Maklum, ia menjadi perempuan pertama Indonesia yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional pada kabinet Indonesia Bersatu era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tahun ini, Sri Mulyani pun akhirnya menggeser  Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

8. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita


Politikus asal Partai Nasional Demokrat ini menjadi pengganti posisi Thomas Lembong yang baru didapuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Perdagangan. Lelaki asal Cirebon kelahiran tahun 1951 ini kini masih duduk sebagai anggota DPR dan dikenal piawai dalam bidang real estate.


9. Menkopolhukam Wiranto



Sejak lama nama Wiranto memang sudah tidak asing. Mantan Panglima TNI pada 1998-1999 ini dikenal sebagai Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat. Karirnya terbilang cemerlang di bidang militer semenjak menjadi ajudan Presiden Soeharto tahun 1987-1991 dan kemudian kembali naik pada saat ditunjuk Presiden Abdurrahman Wahid -Gus Dur- sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan


Top