Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.New Delhi - Layanan pos nasional India menyediakan jasa pengiriman air suci dari Sungai Gangga. Air yang dikenal sebagai Gangajal, dibotolkan di dua tempat di sepanjang sungai. Sumber air suci itu berasal dari Gangotri yang merupakan kota populer bagi para peziarah di Rishikesh.

"Air suci itu akan dijual di semua kantor pos di seluruh negeri," demikian dilaporkan situs India, Zee News yang dikutip dari BBC, Kamis (14/7/2016).

Selain melalui layanan pos, pelanggan juga dapat memilih jasa pengiriman langsung ke rumah. Koran pemerintah India, India Post melaporkan bahwa juga ada pemesanan secara online.

Botol dari Rishikesh dibanderol 15 rupee atau sekitar 3 ribu untuk ukuran 200 ml. Sementara air Gangotri dijual 2 kali lipat, 25 rupee sekitar Rp 5 ribu untuk ukuran yang sama.

Sungai suci bagi umat Hindu yang disembah sebagai "Mother Ganges", belakangan tercemar dengan limbah industri, sampah dan mayat. Perdana Menteri Narendra Modi telah berjanji untuk melakukan operasi pembersihan besar-besaran, namun pengawas lingkungan India mengatakan pada Januari bahwa sudah ada sedikit perubahan sejauh ini.

Usaha kecil yang beroperasi dekat dengan sungai untuk mengemas dan menjual air secara lokal itu sebenarnya sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Rencana kantor pos India ini pun dianggap sebagai langkah besar.

Pengusaha bernama Subrata Khan mengatakan, awalnya perusahaannya menyaring air agar lebih jernih. Namun hal itu menyebabkan penurunan dalam penjualan.

"Kami memahami bahwa orang-orang gagal mendapatkan air bersih dari Gangajal," kata Khan kepada The Times of India. "Jadi kami berhenti menyaring dan bekerja dengan keajaiban."
(bt/lp6)


Top