Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911.InfoSehat--Aktifitas fisik diperlukan untuk pembentukan otot baru. Otot baru bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan memancing si tulang untuk bertumbuh. Hal ini dikatakan Dr Grace Judio-Kahl, dokter pemerhati gaya hidup, kepada wartawan dalam acara Milo Champ Squad di National Golf Club, Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Berikut ini beberapa aktivitas fisik menyenangkan, berdasartkan rekomendasi dr Grace.

Jalan ke sekolah
Jika anak sudah terbiasa dimanjakan dengan sarana transportasi pribadi, saatnya mengubah kebiasaan itu. Mengajak anak berjalan kaki pulang-pergi ke sekolah merupakan awal yang baik untuk memulai gaya hidup yang sehat.

Bermain dengan hewan peliharaan
Anak bisa bermain dengan hewan peliharaannya di rumah. Misalnya saja setiap sore anak bisa mengajak anjingnya berjalan-jalan ke sekitar komplek rumah.

Bermain di luar sekolah
Setelah berlama-lama belajar di sekolah, anak memiliki hak untuk bermain di liar bersama teman-temannya. Misalnya saja lari-larian bersama temannya, olahraga ekstrakurikuler, atau sekadar bermain bola. Dr Grace menyarankan aktifitas ini dilaukan dua sampai tiga kali dalam semingu, minimal 30 menit.

Bersih-bersih rumah
Membantu ibu di akhir pekan adalah kegiatan yang sangat positif. Ternyata hal sederhana itu pun bisa menunjang aktifitas fisik anak karena otot-otot dipancing untuk bekerja, meskipun hanya membantu pekerjaan rumah tangga ibu.

Hindari main game terlalu lama
Dr Grace mengatakan permainan di depan layar komputer boleh saja dilakukan. Tetapi permainan fisik atau olahraga perlu dilakukan lebih sering ketimbang permainan di depan layar komputer.

Latihan kekuatan
Apabila anak tertarik melakukan olahraga pertahanan diri seperti wushu, karate, maupun martial arts, orangtua perlu mendukungnya. Kegiatan ini dapat cukup satu sampai dua kali seminggu. (nn/okezon)


Top