Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat

SuryaNews911.LifeStyle-- Kebutuhan makan diperlukan semua manusia, tapi tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi dengan berbagai alasan. Salah satunya bagi umat Muslim yang hanya bisa makan makanan halal.

Bahan baku yang paling jadi perhatian adalah daging. Tidak hanya hewannya saja yang jadi perhatian tapi juga ada berbagai pertimbangan yang menentukan daging halal atau tidak. Dilansir dari TheKitchn, Rabu (27/7/2016), berikut beberapa hal yang perlu jadi perhatian untuk daging halal.

Hewan disembelih dengan nama Allah

Hewan seperti sapi, kambing, ayam, unta dan lain sebagainya haruslah disembelih dengan menyebut nama Allah. Hewan harus disembelih, tidak boleh dibunuh dengan cara dipukul.

Gunakan pisau tajam

Hewan harus disembelih menggunakan pisau yang tajam. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penyembelihan dan tidak menyakiti hewan. Bagian yang disembelih haruslah bagian tenggorokannya.

Gantung hewan usai disembelih

Saat hewan sudah disembelih dan benar-benar mati, langkah selanjutnya adalah menggantung hewan dengan posisi terbalik agar darah mengalir keluar. Mengonsumsi darah hewan adalah haram.

Proses penyembelihan harus dilakukan seorang Muslim

Selain menyebut nama Allah, penyembelih hewan haruslah juga pemeluk agama Islam. Hal ini penting, mengingat ada doa khusus saat menyembelih hewan.

Hewan hanya konsumsi sayuran

Daging halal berasal dari hewan yang hanya mengonsumsi makanan alami dari jenis sayuran dan bukan mengonsumsi produk yang berasal dari hewan juga.(ys/okzn)


Top