Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Info Sehat



SuryaNews911. JAKARTA -- Dalam Zad al-Ma`ad, Fakta bahwa bulan Ramadhan adalah di atas semua bulan lainnya, dan sepuluh malam terakhir lebih unggul malam-malam lainnya. Hal ini dikatakan Ibnu Al-Qayyim.
Dilansir onislam.ne, berikut adalah empat keutamaan bulan Ramadhan.

1. Bulan diturunkanya Alquran.
Allah SWT berfirman, "bulan Ramdhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai pentunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petuntuk itu dan pembeda antara yang hak dengan yang bathil" (Al-Baqarah 2: 185).

2. Di dalamnya terdapat malam terbaik, Lailatul Qadar
Allah SWT berfirman,  "Sesungguhnya Kami telah menurunkanya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan taukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1.000 bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhanya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajar" (Al-Qadr 97:1-5).

3. Ada banyak jenis ibadah di bulan Ramadhan, seperti puasa, berdoa Qiyam Al-Layl, memberi makan orang miskin, melakukan i`tikaf, memberikan amal, dan membaca Alquran. Semua ibadah tadi ribadatan akan dilipatgandakan balasannya.

4. Pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup serta setan dibelenggu. "Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah mengatakan, "Ketika Ramadhan tiba, pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, dan setan yang dimasukkan ke dalam penjara.”(HR Al-Bukhari dan Muslim). (nn/rol)






Top